Kamis, 16 Agustus 2012

Masih Tertidurkah Pemuda Indonesia ?





Itu adalah kalimat "teks proklamasi". Kalian tentu tahu itu kan ? Esok adalah "peringatan hari Kemerdekaan Indonesia ke-67".
Enam puluh tujuh tahun yang lalu, para pahlawan berjuang untuk kemerdekaan Republik Indonesia. Dengan semangat yang menggebu-gebu mereka memanfaatkan keadaan waktu itu, "vacum of power". Itu adalah masa kekosongan untuk Indonesia karena saat itu Jepang yang sedang menjajah bangsa kita mengalami kehancuran, dua kota yang menjadi tombak kekuatan untuk mereka dibom oleh sekutu, yaitu Hirosima dan Nagasaki. Hampir tiga setengah tahun lamanya Indonesia dijajah oleh Jepang. Jepang yang mengatakan bahwa Indonesia adalah saudaranya, selalu menjanjikan kemerdekaan untuk Indonesia. Bahkan Jepang membuat semboyan 3A untuk meyakinkan bangsa Indonesia, yaitu :
1. Jepang Cahaya Asia
2. Jepang Pelindung Asia
3. Jepang Pemimpin Asia

Semua yang dijanjikan Jepang tak terlaksana dengan seharusnya, akhirnya dengan memanfaatkan masa kekosongan itu, para pahlawan memutuskan untuk mengasingkan Bung Karno dan Bung Hatta ke Rengasdengklok dengan tujuan agar tidak terpengaruh oleh Jepang.
Akhirnya pada tanggal 17 Agustus 1945, proklamasi kemerdekaan terlaksana. Dengan keadaan yang saat itu begitu mengharukan, bagaimana tidak, saat itu bulan puasa, namun bangsa Indonesia tak peduli akan hal itu. Mereka rela menahan haus, lapar, kepanasan hanya demi "memproklamirkan Kemerdekaan Indonesia".

Dan kini, di hari kemerdekaan yang ke-67, Indonesia kembali dengan suasana di bulan puasa dari tiga tahun terakhir ini. Bahkan tahun ini hampir mendekati lebaran Idul Fitri. Maka, apakah itu alasan kalian pemuda Indonesia untuk tidak mengikuti upacara Kemerdekaan Indonesia ? Dengan alasan, malas, panas, haus, capek, karena ini di bulan puasa ? Allah sendiri pun melarang kita kan untuk menjadikan puasa halangan untuk melakukan sesuatu. Puasa itu bukan alasan pemuda. Kemanakah kalian pemuda penerus perjuangan pahlawan? Masih bercengkramakah kalian dengan tempat tidur kalian ? Masih sibukkah kalian dengan mimpi-mimpi semu kalian ? Maaf, bukan maksud saya sok bijak disini, saya hanya mengutarakan kekecewaan saya yang mendalam kepada kalian, teman-teman saya. Kenapa kalian begitu malas, kenapa kalian menjadikan puasa alasan untuk tidak mengikuti upacara ? Oh ... mungkin kalian berpikir saya sangat ingin datang upacara esok karena berhubungan dengan tanggal ulang tahun saya, yang ditakdirkan sama dengan kemerdekaan Indonesia ? Tidak. Salah. Emang apa untungnya untuk saya menghadiri upacara karena sama dengan ulang tahun saya ? Biar kalian semua mengucapkan dan memberi selamat atau lebih dari itu, karena saya ingin mendapatkan hadiah dari kalian, karena saya ingin diberi kejutan ? Bukan. Saya hanya ingin belajar menghargai jasa dan pengorbanan yang telah orang lakukan pada saya. Saya hanya sedang belajar caranya berterimakasih.




Selamat Hari Kemerdekaan Indonesia ke-67
selalu berusaha untuk tetap mencintai Indonesia dan menjadi salah satu pemuda yang berpengaruh untuk Indonesia :)



Ruang Gerakku, 16 Agustus 2012

syifamaudiyah :)



Tidak ada komentar: