Selasa, 04 November 2014

Surat Untuk Adik-Adik ...

Assalamu'alaikum, adik-adik SDN 9 Semende Darat Ulu...

Hai.. Perkenalkan namaku Syifa Maudiyah. Sstt.. Apakah kalian tahu arti dari nama depanku? Hm.. Iya benar, obat. Obat untuk keluarga, harapan sederhana mereka. Aamiin. Oh iya, bagaimana kabar kalian? Sedang apapun kalian, aku harap kalian dalam keadaan yang terbaik ya, Sayang.

Jujur, ketika mencoba menuliskan kata demi kata untuk berkenalan dengan kalian ini tiba-tiba terasa begitu rumit. Oh hm.. mungkin aku grogi. Ya aku termasuk orang yang mudah sekali grogi atau gugup bila bertemu dengan orang baru. Hm dan tentang pertanyaanku terhadap arti namaku. Sebenarnya ada hubungannya dengan apa yang aku jalani kini. Dulu, sebelum aku di anak tangga yang sedikit lebih tinggi ini, aku juga seperti kalian. Tepatnya, empat belas tahun yang lalu. Aku sama seperti kalian, belajar dengan cara yang kadang tak mudah untukku pahami begitu saja. Tetapi sekarang, aku baru saja masuk semester tiga kuliah di jurusan kebidanan di salah satu Politeknik Kesehatan di Jakarta. Ada bangga tersendiri ketika aku berhasil menjadi salah satu murid yang dapat belajar di jurusan kebidanan ini, Sayang. Aku lebih memahami diriku sebagai seorang perempuan, aku lebih banyak mengetahui tentang secuil dari ciptaan-Nya terhadap semesta ini, terhadap diriku, diri kalian. Kalian tahu rasanya melihat ibu-ibu cantik melahirkan dede-dede bayinya yang lucu dan menggemaskan? Aku pernah bahkan itu sudah menjadi lingkunganku kini. Melihat dan menyaksikan langsung perjuangan seorang Ibu demi anaknya melihat dunia bahkan yang menyentuhnya pertama kali dan mendengar suara tangisannya. Itu lebih dari sekedar senang ketika mendapat sepeda baru.

Hm..sebenarnya aku hingung mau menceritakan apa lagi kepada kalian, sungguh, aku gugup. Tapi terlintas dibenakku untuk membaginya. Kemarin, aku datang seminar dikampusku. Dan salah satu kalimat pembicaranya masih melekat dipikiranku hingga kini. "Orang yang paling mulia adalah orang yang berilmu". Dulu, ketika ku mau memasuki dunia SMA (Sekolah Menengah Atas), pikiranku sempat tercekat oleh rentetan kata yang terhubung menjadi "aku mau langsung kerja aja". Tapi ketika mendengar ucapan pembicara utama kemarin dalam seminar kampusku, aku dengan mudah mengatakan kalau pemikiranku waktu SMA adalah salah besar. Karena, dengan ilmu kita bisa menjadi siapapun, Sayang. Dengan ilmu, kita tak lagi direndahkan. Dengan ilmu, kita bisa memeluk dunia. Dan dengan ilmu, aku ingin menjadi ciptaan-Nya yang mulia. Samakah kalian?

Jangan pernah berhenti bermimpi dan mengejar ilmu ya, Sayang. Karena dengan ilmu aku dan kalian bisa mewujudkan mimpi-mimpi kita..

Salam sayang dari aku, Syifa Maudiyah. Tetap tersenyum menatap dunia.

Wassalamu'alaikum, adik-adik...

Tidak ada komentar: